Nama : Wadyan
Ikhwansyah
Npm :
1C214111
Kelas : 3EA48
FE Manajemen
Menciptakan persaingan yang sehat dalam suatu bisnis
Jika memahami etika bisnis dengan baik dan
menerapkannya dalam mengelola usaha yang dimiliki akan membuat usaha semakin
kuat. Dalam dunia bisnis kita tentunya bukanlah pemilik usaha tunggal, ada
banyak usaha lain di luar sana. Bahkan yang menekuni bidang sama, dan menjual
produk yang sama pun ada banyak jumlahnya. Persaingan dalam dunia usaha memang
sangat penting untuk ada agar membuat pemilik usaha memiliki produk yang
berkualitas. Agar usaha yang dimiliki tetap bertahan sebaiknya tetap menjaga
hubungan baik dengan pesaing. Dalam persaingan usaha terdapat para pelaku
persaingan usaha tersebut yang dapat dikatakan sebagai subjek dan objek dalam
persaingan usaha. Yang dikatakan subjek dalam persaingan adalah para penjual
atau para produsen yangd alah hal ini memproduksi atau mengedarkan suatu
barang. Sedangkan yang dimaksud objek dalam persaingan usaha adalah konsumen
dalam hal ni orang menggunakan atau membeli suatu barang. Persaingan usaha akan
tercipta apabila terdapat penjual dan pembeli yang jumlahnya hampir berimbang.
Dalam bisnis, persaingan
adalah hal yang wajar. Berbagai pengusaha dengan bisnis yang berbeda-beda
berusaha menarik pelanggan agar mendapatkan keuntungan. Dengan banyaknya
pengusaha, banyak pula produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Hasilnya
persaingan dalam dunia bisnis menjadi semakin ketat. Persaingan yang ketat ini
terkadang menciptakan persaingan yang kurang sehat. Monopoli pasar dan
kompetisi dilakukan dengan cara-cara yang tidak sehat. Sehingga dapat
menghancurkan kondisi pasar menjadi tidak baik. Disisi lain, persaingan di
dunia bisnis baik untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas pembisnis. Selama
persaingan yang dilakukan sehat, pembisnis akan berlomba-lomba untuk
menghasilkan karya yang lebih baik.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk
menciptakan hubungan bersaing namun yang tetap sehat, berikut kiat-kiat agar
bisa sukses dalam menjalankan usaha dalam persaingan yang sehat yaitu:
- Memiliki produk yang unik dan inovatif
Keunikan menjadi dasar utama menjalankan usaha
yang terus ada untuk kurun waktu yang panjang, dan bisa bertahan hingga ke
beberapa generasi. Produk yang unik bisa didapatkan dari pemilihan bahan,
desain baju, dan motif jika memiliki usaha berupa penggunaan material kain.
Jika memiliki usaha kuliner, bisa menyajikan produk unik dari segi konsep rumah
makan dan penggunaan nama menu makanan.
Inovasi untuk produk bisa dari segi
bentuk, ukuran, rasa, fungsional, dan sebagainya. Semakin kreatif, semakin
berkembangnya suatu usaha. Jangan pernah cepat merasa puas dalam menghasilkan
suatu produk teruslah berkreasi dan mengembangkan ide-ide baru dalam produk.
- Produk sesuai sasaran pasar
Memulai
usaha dengan memodifikasi produk yang sudah ada menjadi salah satu kunci utama
sukses menjalankan etika bisnis yang
baik. Sekedar meniru saja akan membuat pemilik usaha aslinya merasa dirugikan
karena terjadi plagiat yang berefek buruk bagi usaha mereka. Maka dalam
menjalankan usaha penting sekali untuk merubah produk yang sudah ada baik dari
segi tampilan, konsep, dan sejenisnya. Pastikan Anda sudah menyasar pangsa
pasar tertentu, jika pemilik produk aslinya menyasar pasar menengah ke atas.
Maka ada baiknya membuat produk yang lebih terjangkau untuk segmen di bawahnya.
- Menjaga kualitas
Memiliki
pesaing membuat Anda harus menjaga kepercayaan pelanggan, salah satunya dengan
menjaga kualitas. Jika memiliki usaha dalam bidang kuliner, pastikan
menggunakan bahan baku yang memiliki kualitas terbaik agar rasa masakan tetap
terjaga. Jika memiliki usaha di bidang lain seperti usaha berjualan baju, maka
pastikan menjaga kualitas jahitan. Selain kualitas produk, tidak kalah
pentingnya menjaga kualitas pelayanan yang diberikan. Selalu ramah dengan
setiap pembeli memberikan kemudahan merebut hati mereka sehingga menjadi
pelanggan yang royal.
Etika
yang baik dalam menjalankan usaha, akan menjaga usaha tetap langgeng dan tidak
membuat persaingan sengit antar pelaku usaha lainnya. Meskipun terdengar mudah,
menetapkan etika ini memang cukup sulit. Namun, menyadari bahwa persaingan
adalah bumbu usaha, maka sebaiknya lebih fokus dengan produk yang ditawarkan
ketimbang mengurusi kompetitor dan membuat usaha keruh. Menjaga kualitas
produk, pelayanan yang baik, dan memberikan produk yang unik akan menjamin
usaha tetap dalam poros yang menguntungkan.
Sumber referensi:
http://www.hukumprodeo.com/persaingan-usaha/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar