Cari

Sabtu, 15 April 2017

Menciptakan persaingan yang sehat dalam suatu bisnis



Nama : Wadyan Ikhwansyah
Npm  : 1C214111
Kelas : 3EA48
FE Manajemen


Menciptakan persaingan yang sehat dalam suatu bisnis

Jika memahami etika bisnis dengan baik dan menerapkannya dalam mengelola usaha yang dimiliki akan membuat usaha semakin kuat. Dalam dunia bisnis kita tentunya bukanlah pemilik usaha tunggal, ada banyak usaha lain di luar sana. Bahkan yang menekuni bidang sama, dan menjual produk yang sama pun ada banyak jumlahnya. Persaingan dalam dunia usaha memang sangat penting untuk ada agar membuat pemilik usaha memiliki produk yang berkualitas. Agar usaha yang dimiliki tetap bertahan sebaiknya tetap menjaga hubungan baik dengan pesaing. Dalam persaingan usaha terdapat para pelaku persaingan usaha tersebut yang dapat dikatakan sebagai subjek dan objek dalam persaingan usaha. Yang dikatakan subjek dalam persaingan adalah para penjual atau para produsen yangd alah hal ini memproduksi atau mengedarkan suatu barang. Sedangkan yang dimaksud objek dalam persaingan usaha adalah konsumen dalam hal ni orang menggunakan atau membeli suatu barang. Persaingan usaha akan tercipta apabila terdapat penjual dan pembeli yang jumlahnya hampir berimbang.

Dalam bisnis, persaingan adalah hal yang wajar. Berbagai pengusaha dengan bisnis yang berbeda-beda berusaha menarik pelanggan agar mendapatkan keuntungan. Dengan banyaknya pengusaha, banyak pula produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Hasilnya persaingan dalam dunia bisnis menjadi semakin ketat. Persaingan yang ketat ini terkadang menciptakan persaingan yang kurang sehat. Monopoli pasar dan kompetisi dilakukan dengan cara-cara yang tidak sehat. Sehingga dapat menghancurkan kondisi pasar menjadi tidak baik. Disisi lain, persaingan di dunia bisnis baik untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas pembisnis. Selama persaingan yang dilakukan sehat, pembisnis akan berlomba-lomba untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan hubungan bersaing namun yang tetap sehat, berikut kiat-kiat agar bisa sukses dalam menjalankan usaha dalam persaingan yang sehat yaitu:

  • Memiliki produk yang unik dan inovatif
Keunikan menjadi dasar utama menjalankan usaha yang terus ada untuk kurun waktu yang panjang, dan bisa bertahan hingga ke beberapa generasi. Produk yang unik bisa didapatkan dari pemilihan bahan, desain baju, dan motif jika memiliki usaha berupa penggunaan material kain. Jika memiliki usaha kuliner, bisa menyajikan produk unik dari segi konsep rumah makan dan penggunaan nama menu makanan.
Inovasi untuk produk bisa dari segi bentuk, ukuran, rasa, fungsional, dan sebagainya. Semakin kreatif, semakin berkembangnya suatu usaha. Jangan pernah cepat merasa puas dalam menghasilkan suatu produk teruslah berkreasi dan mengembangkan ide-ide baru dalam produk.
  • Produk sesuai sasaran pasar
Memulai usaha dengan memodifikasi produk yang sudah ada menjadi salah satu kunci utama sukses menjalankan etika bisnis yang baik. Sekedar meniru saja akan membuat pemilik usaha aslinya merasa dirugikan karena terjadi plagiat yang berefek buruk bagi usaha mereka. Maka dalam menjalankan usaha penting sekali untuk merubah produk yang sudah ada baik dari segi tampilan, konsep, dan sejenisnya. Pastikan Anda sudah menyasar pangsa pasar tertentu, jika pemilik produk aslinya menyasar pasar menengah ke atas. Maka ada baiknya membuat produk yang lebih terjangkau untuk segmen di bawahnya.
  • Menjaga kualitas
Memiliki pesaing membuat Anda harus menjaga kepercayaan pelanggan, salah satunya dengan menjaga kualitas. Jika memiliki usaha dalam bidang kuliner, pastikan menggunakan bahan baku yang memiliki kualitas terbaik agar rasa masakan tetap terjaga. Jika memiliki usaha di bidang lain seperti usaha berjualan baju, maka pastikan menjaga kualitas jahitan. Selain kualitas produk, tidak kalah pentingnya menjaga kualitas pelayanan yang diberikan. Selalu ramah dengan setiap pembeli memberikan kemudahan merebut hati mereka sehingga menjadi pelanggan yang royal.

Etika yang baik dalam menjalankan usaha, akan menjaga usaha tetap langgeng dan tidak membuat persaingan sengit antar pelaku usaha lainnya. Meskipun terdengar mudah, menetapkan etika ini memang cukup sulit. Namun, menyadari bahwa persaingan adalah bumbu usaha, maka sebaiknya lebih fokus dengan produk yang ditawarkan ketimbang mengurusi kompetitor dan membuat usaha keruh. Menjaga kualitas produk, pelayanan yang baik, dan memberikan produk yang unik akan menjamin usaha tetap dalam poros yang menguntungkan.


Sumber referensi:
http://www.hukumprodeo.com/persaingan-usaha/

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar